Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Palu Semakin Mudah di Samsat Drive Thru
Senin, 16 Agustus 2021 19:49 WIB
Share
Pembayaran pajak kendaraan bermotor lebih mudah di Samsat Drive Thru (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, POSKOTA SULTENG - Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng), meluncurkan Samsat Drive Thru, Senin, 16 Agustus 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Polisi Kingkin Winisuda, menjelaskan, Samsat Drive Thru merupakam inovasi pelayanan publik yang mempermudah proses pembayaram pajak kendaraan bermotor.

Layanan ini, kata dia, memiliki banyak kelebihan seperti efektivitas, efisiensi waktu, pembayaran mudah, akuntabilitas keuangan, transparansi biaya, persyaratan mudah dan jaminan kepastian pelayanan.

"Tidak ada lagi alasan warga untuk malas bayar pajak kendaraan bermotor. Silakan datang dengan membawa persyaratan, tanpa turun dari kendaraannya," kata Kingkin.

Persyaratan yang disiapkan masyarakat yang hendak mengurus di Samsat Drive Thrue ialah KTP, STNK dan BPKB, asili atau fotocopy.

"Bawalah kendaraan yang akan didaftarkan perpanjangan ke Samsat Drive Thru," ungkapnya.

Pengurusan nantinya akan melewati dua loket yaitu proses identifikasi dan verifikasi, kemudian yang kedua pembayaran pengajuan perpanjangan.

"Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau melalui ATM bank yang ditunjuk. Setelah pajak kendaraan dibayar, STNK dapat diterima oleh wajib pajak," kata Kingkin.

Ia menambahkan,  Samsat Drive thru akan mempercepat pelayanan kepada wajib pajak, apabila persyaratan telah lengkap. Prosesnya pun tidak memakan waktu lama, hanya lebih kurang kurang tiga menit saja. (Rendy)

Reporter: Rendy Zulkarnaen
Editor: Ruslan Sangadji
Sumber: -