Disdikbud Sulteng Targetkan Sekolah Tatap Muka Dimulai Oktober 2021

Minggu, 5 September 2021 17:33 WIB

Share
VAKSINASI - Seorang siswa sedang divaksin Covid-19 sebagai salah satu syarat sekolah tatap muka (Foto: Katrin/Poskota Sulteng)
VAKSINASI - Seorang siswa sedang divaksin Covid-19 sebagai salah satu syarat sekolah tatap muka (Foto: Katrin/Poskota Sulteng)

PALU, POSKOTA SULTENG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulawesi Tengah (Sulteng), menargetkan sekolah tatap muka atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sulteng pada Oktober 2021 mendatang. 

Plt. Disdikbud Sulteng, Yudiawati Windarusliana, mengungkapkan pelaksanaan belajar tatap muka hanya dibolehkan bagi wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Di Sulteng, ada 10 daerah dengan level PPKM 1,2, dan 3 yang dibolehkan melaksanakan PTM ini. Kami targetkan bulan Oktober 2021 mendatang sudah dapat dilaksanakan," terangnya, Ahad, 5 September 2021.

Wilayah PPKM level 1, 2, 3 yang dibolehkan menggelar PTM, di antaranya Parigi Moutong, Sigi, Morowali, Morowali Utara, Buol, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Donggala dan Tojo Unauna.

Sementara Kota Palu, Poso dan Banggai, masuk dalam wilayah  PPKM level 4 sehingga belum diperbolehkan menggelar PTM. 

Meski demikian, Yudiawati meminta seluruh sekolah termasuk di wilayah PPKM level 4 untuk menyiapkan segala sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan PTM di tengah pandemi. 

Sekolah juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat pelaksanaan PTM, serta pembatasan 50 persen kapasitas kelas dan dilaksanakan secara bergantian.

Selain persiapan sarana dan prasarana penunjang di sekolah, katanya,  pihaknya juga menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi guru dan siswa sebagai salah satu syarat pelaksanaan PTM. 

"Capain vaksinasi kita masih rendah, per 1 September 2021 baru mencapai 19,2 persen,  makanya kita terus genjot pelaksanaan vaksinasi ini," ungkapnya. 

Sebelumnya, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura pada 24 Agustus 2021 lalu, menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah di Sulteng untuk kembali membuka Sekolah secara terbatas dan tetap memerhatikan protokol kesehatan. (katrin)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar