Pemkot Palu Memulai Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil

Senin, 6 September 2021 17:35 WIB

Share
VAKSINASI IBU HAMIL - Pemerintah Kota Palu memulai vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil pada Senin, 6 September 2021 (Foto: Katrin Poskota Sulteng)
VAKSINASI IBU HAMIL - Pemerintah Kota Palu memulai vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil pada Senin, 6 September 2021 (Foto: Katrin Poskota Sulteng)

PALU, POSKOTA SULTENG - Pemerintah Kota Palu untuk pertama kalinya menggelar vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi para ibu hamil. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, I Komang Adi Sujendra, didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu, Asri, telah meluncurkan program tersebut, Senin, 6 September 2021.  

"Ibu hamil merupakan kelompok yang beresiko terpapar Covid-19, gejalanya cenderung berat dengan kondisi medis tertentusehingga vaksinasi dibutuhkan, sebagai upaya perlindungan bagi ibu dan bayinnya," jelas I Komang dalam sambutannya.

Kadis Kesehatan Sulteng mengatakan, kasus ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulteng cukup tinggi. Hingga 31 Agustus 2021, kasus ibu hamil terkonfirmasi positif  sebanyak 684 kasus. Sementara ibu hamil positif Covid-19 yang meninggal dunia tercatat sebanyak 14 kasus.

Sekretaris Kota Palu, Asri, mengungkapkan, dalam kurun waktu Januari 2021 hingga Agustus 2021, kasus positif Covid-19 pada ibu hamil tercatat sebanyak 44 kasus. Sementara jumlah kematian akibat Covid-19 pada ibu hamil tercatat sebanyak dua kasus.

"Vaksinasi ini sebagai upaya kita untuk menjaga kesehatan generasi berikutnya. Ini juga sebagai amanah untuk melindungi generasi kita," katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Kesehatan Kota Palu menargetkan pelaksanaan vaksinasi menyasar 3 ribu ibu hamil di Kota Palu.

Dirinya juga memastikan vaksinasi ibu hamil dijamin aman bagi ibu dan jabang bayinya. Hal itu berdasarkan penelitian dan rekomendasi dari perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (perkumpulan dokter spesialis kandungan Indonesia).

"Pelaksanaan vaksinasi selanjutnya akan dilakukan di Puskesmas terdekat, jadi ibu-ibu tidak perlu khawatir, vaksinasi Covid-19 ini aman," tandasnya. (Katrin)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar