Akhirnya Sulawesi Tengah Punya Pahlawan Nasional Bernama Tombolotutu

Rabu, 10 November 2021 22:52 WIB

Share
PAHLAWAN NASIONAL - Tombolotutu (baju putih), Pahlawan Nasional asal Provinsi Sulawesi Tengah (Foto: Biro Pers Kepresiden)
PAHLAWAN NASIONAL - Tombolotutu (baju putih), Pahlawan Nasional asal Provinsi Sulawesi Tengah (Foto: Biro Pers Kepresiden)

JAKARTA, POSKOTA SULTENG – Akhirnya Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) punya seorang Pahlawan Nasional, bernama Tombolotutu. Anugerah gelar Pahlawan Nasional kepada Tombolotutu itu ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 109 dan 110 TK Tahun 2021, tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa.

Penyerahan anugerah gelar Pahlawan Nasional terhadap Tombolotutu tersebut, telah diserahkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara kepada perwakilan ahli waris, Andi Mulhanan Tombolotutu, Rabu, 10 November 2021 pagi.

“Keputusan Presiden Republik IndonesiaNomor 109 dan 110 TK Tahun 2021 Tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa. Pertama, Tombolotutu, tokoh dari Provinsi Sulawesi Tengah menerima anugerah gelar sebagai Pahlawan Nasional,”  kata Sekretaris Militer Presiden, Marsekal Muda TNI Mohamad Tony Harjono, saat membacakan Keputusan Presiden RI tersebut.

 

PAHLAWAN NASIONAL - Perwakilan ahli waris Tombolotutu, Andi Mulhanan Tombolotutu (berkacamata) didampingi Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi, usai menerima anugerah gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Rabu, 10 November 2021 pagi (Foto: Biro Pers Istana)

Tiga Pahlawan Nasional yang juga ditetapkan Presiden adalah  Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, Usmar Ismail dari DKI Jakarta dan Raden Arya Wangsakara dari Provinsi Banten.

Di Moutong, ada seorang tokoh penting yang sangat masyhur di masyarakat. Sosoknya yang sederhana dan suka membantu rakyat, membuat orang Moutong patuh padanya dan menjadikannya sebagai raja. Tombolotutu adalah keturunan dari Raja Massu, raja ketiga di Kerajaan Moutong.

Tombolotutu adalah tokoh kelahiran 1857. Masih di usia muda, telah berjuang melawan Belanda. Perjuangannya tidak hanya di kampung kelahirannya, tetapi juga melintasi sejumlah wilayah hingga ke Tojo Unauna dan Donggala.

Dalam perjuangannya, Tombolotutu tidak pernah takluk kepada Belanda, hingga meninggal dunia pada 17 Pebruari 1901 dan dimakamkan di Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong. (Khairul Mujahid Ajid)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar