PPKM Level 3 Jelang Nataru Batal

Selasa, 7 Desember 2021 18:57 WIB

Share
PPKM Level 3 Jelang Nataru Batal
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Ist)

PALU, POSKOTA SULTENG - Pemerintah RI memutuskan tidak akan menerapkan PPKM level 3 jelang perayaan Natal dan Tahun (Nataru) pada semua wilayah. Peraturan skema jelang Nataru akan diubah menjadi pengetatan syarat perjalanan. 

Keputusan itu disampaikan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan melalui keterangan resminya, Selasa, 7 Desember 2021.

"Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan, untuk penumpang dari luar negeri. Namun kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan," kata Menko Luhut.

Luhut menjelaskan, perbatasan Indonesia akan tetap diperketat dengan syarat untuk penumpang dari luar negeri adalah hasil tes PCR negatif maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, serta melakukan karantina selama 10 hari di Indonesia.

Selain itu syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri wajib vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. 

Untuk orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap ataupun tidak bisa divaksin karena alasan medis, tidak diizinkan untuk bepergian jarak jauh. 

Sementara Anak-anak dibolehkan melakukan perjalanan, tetapi dengan syarat PCR yang berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1×24 jam untuk perjalanan darat atau laut.

Lebih lanjut, kata Luhut, keputusan tersebut diambil berdasarkan penanganan covid-19 di Indonesia yang menunjukan perbaikan yang signifikan. 

Keputusan ini juga didasarkan pada capaian vaksinasi dosis 1 di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76 persen dan dosis 2 yang mendekati 56 persen. 

Sedangkan vaksinasi lansia terus digenjot hingga saat ini mencapai 64 dan 42 persen untuk dosis 1 dan 2 di Jawa Bali.

Halaman
Reporter: Katrin
Editor: Ruslan Sangadji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar