Gejala Covid-19 Varian Omicron Relatif Lebih Ringan. Tapi Tetap Waspada

Minggu, 19 Desember 2021 14:11 WIB

Share
Gejala Covid-19 Varian Omicron Relatif Lebih Ringan. Tapi Tetap Waspada
Ilustrasi by pixabay

PALU, POSKOTA SULTENG - Varian Omicron dikelompokkan dalam 'Varian of Concern' oleh WHO, yang menular lebih cepat dibandingkan dengan Delta. 

Meski menjadi momok menakutkan karena menyebabkan lonjakan kasus di beberapa Negara, Varian Omicron menurut beberapa studi gejalanya relatif lebih ringan. 

Kepala Asosiasi Medis Afrika Selatan, Dokter Angelique Coetzee, menyebutkan, gejala Omicron sangat berbeda dari varian Delta. Ia menyebut, gejala Omicron, sangat mirip dengan gejala pilek atau flu.

Sementara Kepala organisasi kesehatan dunia atau WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengemukakan ada sinyal baik dalam riset awal infeksi Omicron. Salah satunya, gejala dari varian omicron lebih ringan dan konsisten pada sejumlah kasus.

Meski demikian, WHO meminta warga tetap waspada, karena penularannya yang lebih cepat dapat membebani kinerja rumah sakit.

Beberapa Gejala utama menurut laporan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), mayoritas penderita Omicron mengalami gejala batuk kering disertai tenggorokan gatal, mudah letih, serta hidung tersumbat. Namun bisa juga disusul demam, mual, napas pendek atau kesulitan bernafas serta diare.

Sementara kehilangan penciuman sangat jarang terjadi. Hanya 8% pasien yang mengalami anosmia. Pada penelitian di Afrika Selatan, sangat jarang pasien menggunakan alat bantu nafas dan oksigen. 

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Inggris, terdapat lima gejala utama Omicron, yakni pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin-bersin, dan sakit tenggorokan. Hal ini juga mengungkapkan kasus Covid-19 dengan varian omicron, kemungkinan lebih sulit dikenali. (Katrin)

Reporter: Katrin
Editor: Ruslan Sangadji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar