Berikut Persyaratan Perjalanan dengan Kapal Laut

Selasa, 21 Desember 2021 12:37 WIB

Share
Berikut Persyaratan Perjalanan dengan Kapal Laut
PENUMPANG - Calon Penumpang kapal di Pelabuhan Pantoloan Palu (Foto: Rendy/Poskota Sulteng)

PALU, POSKOTA SULTENG - PT Pelni Cabang Palu melalui akun Instagramnya, resmi merilis peraturan protokol kesehatan terhadap penumpang kapal yang hendak berangkat di periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Peraturan ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021. Kebijakan tersebut berlaku mulai dari 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

SE tersebut dibuat dengan maksud mengatur aktivitas dan mobilitas masyarakat selama Nataru 2022 di masa pandemi, serta bertujuan untuk melakukan pengaturan, pengawasan, dan evaluasi dalam rangka pengendalian laju penularan Covid-19.

Berikut tujuh peraturan protokol kesehatan terhadap penumpang kapal laut :

1. Pengendalian pelaku perjalanan dalam negeri menggunakan moda transportasi laut selama Nataru 2022, terhitung mulai dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

2. Pelaku perjalanan dalam negeri, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

3. Penumpang kapal laut, wajib menunjukkan hasil PCR atau antigen, yang pengambilan sampelnya berlaku dalam kurun waktu satu kali 24 jam.

4. Penggunaan dokumen persyaratan perjalanan, sebagaimana dimaksud pada angka 3), tidak berlaku bagi penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan ke wilayah perintis, 3TP dan pelayaran terbatas dan dilaksanakan berdasarkan kebijakan sesuai kondisi daerah masing-masing.

5. Penumpang kapal laut yang berusia di atas 17 tahun dan belum mendapatkan vaksin dosis lengkap ataupun tidak melakukan vaksin dosis lengkap, karena alasan medis, maka mobilitasnya dibatasi untuk sementara.

6. Penumpang kapal laut usia di bawah 12 tahun, wajib menunjukkan surat keterangan PCR hasil negatif yang pengambilan sampelnya  dilakukan kurun waktu tiga kali 24 jam sebelum keberangkatan dan tanpa harus menunjukkan kartu vaksin.

Halaman
Reporter: Rendy Zulkarnaen
Editor: Ruslan Sangadji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar