Vaksinasi Anak di Palu Masih Tahap Sosialisasi

Sabtu, 15 Januari 2022 20:59 WIB

Share
Vaksinasi Anak di Palu Masih Tahap Sosialisasi
Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Abdul Hafid Djakatare (Foto: Katrin/Poskota Sulteng)

PALU, POSKOTA SULTENG - Vaksinasi anak usia sekolah dasar, 6 - 11 tahun di Kota Palu belum dilaksanakan. 

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Abdul Hafid Djakatare, mengatakan pihaknya masih melakukan persiapan dan tahap sosialisasi vaksinasi anak 6-11 tahun bersama orang tua murid. 

"Kami sudah punya data-datanya, total data anak usia sekolah dasar sebanyak 33.917 anak dari 171 sekolah SD Negeri dan swasta, tapi kami masih sosialisasi dulu dengan orang tua murid," ungkap Abdul Hafid kepada Poskota Sulteng, Sabtu, 15 Januari 2022.

Menurutnya, persetujuan orang tua murid sangat penting sebelum vaksinasi mulai digencarkan. Sebab, katanya para murid tak dapat mengikuti vaksinasi, jika ada wali murid yang tak mengizinkan. 

"Kita tidak boleh main suntik vaksin anak orang, makanya kita sosialisasi dulu, berikan pemahaman dulu dengan orang tua murid ini. Jika setuju, baru bisa ikut vaksin," jelasnya. 

Ia mengatakan, pemberian vaksinasi pada anak tersebut tidak dipaksakan, karena harus berdasar dari kesadaran para orang tua murid yang memberikan persetujuannya untuk mengikuti vaksinasi. 

"Kami juga tekankan tidak memaksakan anak untuk ikut vaksinasi. Tidak ada paksaan, tapi lebih kepada kesadaran masyarakat bahwa vaksinasi itu baik untuk menjaga keluarga kita dari paparan virus covid-19," jelasnya.

Hafid mengatakan, jika persiapan bersama seluruh pihak sekolah telah rampung, akan segera dilaksanakan vakninasi anak usia 6-11 tahun. 

"Kami bersama Dinas kesehatan Kota Palu dan pihak sekolah masih sementara bersiap-siap. Jika semua sudah rampung, kita segera laksanakan vaksinasi" tutupnya. (Katrin)

Reporter: Katrin
Editor: Ruslan Sangadji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar