Vaksin Anak di Kota Palu Terkendala Izin Orang Tua

Minggu, 20 Februari 2022 22:28 WIB

Share
Vaksin Anak di Kota Palu Terkendala Izin Orang Tua
Kadis Dikbud Kota Palu, Hardi (Foto: Katrin/Poskota Sulteng)

PALU, POSKOTA SULTENG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Hardi, mengakui vaksinasi anak 6-11 tahun di Kota Palu baru mencapai 21,03  persen untuk vaksinasi dosis 1. Sementara vaksinasi dosis 2 mencapai 1,29 persen per tanggal 19 Februari 2022.

"Berdasarkan data terbaru yang kami terima, total sudah 7.920 anak 6-11 tahun yang sudah divaksinasi dari target kita sebanyak 33.917 anak," katanya kepada Poskota Sulteng, Ahad 20 Februari 2022.

Hardi mengaku, capaian vaksinasi anak 6-11 tahun di Kota Palu masih tergolong rendah. Salah satu kendalanya, masih banyak orang tua murid tak mengizinkan anaknya untuk divaksinasi. 

Meski demikian, pihaknya terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi dengan mendorong pihak sekolah memberikan informasi dan edukasi kepada para orang tua murid terkait manfaat vaksinasi covid-19.

"Kita sudah koordinasi dengan semua sekolah, agar para guru dan kepala sekolah ini dapat mengedukasi orang tua murid terkait manfaat vaksinasi ini," katanya.

Menurut Hardi, dengan memberikan pemahaman kepada orang tua murid, percepatan vaksinasi anak 6-11 tahun di Kota Palu dapat terlaksana secara maksimal. 

"Karena kendala orang tua murid tak mengizinkan anaknya mengikuti vaksin, Ini yang perlu kita berikan pemahaman," terangnya. 

Ia menambahkan, peran guru dan pihak sekolah dalam memberikan informasi yang edukatif terkait manfaat vaksinasi Covid-19 kepada wali murid, dapat menentukan capaian vaksinasi anak di sekolah. 

"Selain kita kerjasama dengan puskesmas atau dinas kesehatan, ini juga tergantung dari kepiawaian pihak sekolah mengedukasi orang tua siswa. Jika informasi yang diberikan itu edukatif, saya yakin orang tua murid pasti mau mengizinkan anaknya untuk divaksin," pungkasnya. (katrin)

Reporter: Katrin
Editor: Ruslan Sangadji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar